Menyambut Bulan Bahasa, KTN Gelar Karya Seni di Museum Stovia

Foto: Dok.KTN - SALAH SATU ADEGAN DI FILM LARUNG PRODUKSI KOMUNITAS TANPA NAMA

Komunitas Tanpa Nama menggelar berbagai acara di Museum Kebangkitan Nasional.

Bacaan Lainnya

Menyambut Bulan Bahasa, Komunitas Tanpa Nama menggelar berbagai acara dari pertunjukan, pementasan, pemutaran film hingga pameran seni rupa.  Komunitas yang mengambil ide alih wahana dalam setiap karyanya ini, berkerjasama dengan Komunitas Kampung Semar ini menggelar acara pembukaan di Museum Kebangkitan Nasional (Stovia), Jakarta pada Kamis (13/10) pukul 15.30 WIB hingga selesai.

Acara pembukaan rencananya akan dihadiri oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek Hilmar Farid, Anggota Komisi X DPR RI Nuroji dan Kepala Galeri Nasional Indonesia Pustanto.

Untuk film, akan diputar film Larung dan Seribu Daun interpretasi puisi Yvone De Fretes yang disutradarai Agus Firmansyah, videografi Puitika Rupa yang selain berisikan obyek karya para perupa juga diolah oleh Agus dan disutradarai oleh Pipien Putri interpretasi dari puisi Sihar Ramses Simatupang dengan penari Dyah Koenty Lestari dan didukung oleh musisi Franssiscus Hence Raranta dan  komunitas musik Mahagenta.

Ada juga pembacaan puisi karya para maestro dan tonggak kesusasteraan Indonesia seperti Chairil Anwar,  WS Rendra, Sutardji Calzoum Bachri, Sitor Situmorang dan Sapardi Djoko Damono.

Puisi-puisi ini akan dibacakan oleh sastrawan,  penyair, dan aktor teater. Nama A Badri AQT, Bambang Wahyudin, Frans Ekodhanto, Jimmy S.Johansyah, Ipur Wangsa, Ritawati Jassin dan Widodo Arumdono.

Pameran Lukisan

Selama pertunjukan, akan digelar juga pameran lukisan yang merupakan interpretasi bebas terhadap puisi kelima maestro itu. Para perupa bebas memilih puisi-puisi dari para penyair yang menjadi aset kesusasteraan negeri ini.

Pameran yang berlangsung hingga 18 Oktober mendatang dan dikuratori oleh Vukar Lodak ini menghadirkan karya perupa Afriani, Chryshnanda, Derson Madjiah, Edi Markas, Firtarina, Gogor Purwoko, Gus Herman,  Handoyo, Widiyatno, Widyani Adelewis dan Wahyu Usman.

Selain ditayangkan di media sosial, pembukaan rencananya juga akan disiaran langsung melalui kanal Youtube Kampoeng Semar di link https://youtube.com/c/KampoengSemar. *

Pos terkait