“Roadshow to Seabad Chairil Anwar” Dimulai di TIM

Foto Dok. Panitia -- SEABAD CHAIRIL ANWAR - Roadshow to Seabad Chairil Anwar di Pelataran Taman Ismail Marzuki.

Agenda utama peringatan satu abad atau seratus tahun Chairil Anwar pada 26 Juli 2021 mendatang, dimulai besok, Senin (21/3) di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Peringatan terhadap Chairil Anwar dilakukan hampir setiap tahunnya oleh pelaku dan pemerhati sastra. Tonggak puisi modern yang dia pahat telah menjadi bagian dari sejarah kesusasteraan Indonesia. Puisi-puisi Chairil Anwar yang menghadirkan berbagai tematik, sanggup mengisi kurun waktu panjang semangat tiap generasi.

Bacaan Lainnya

Tercatat dalam sejarah, Chairil bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, papar Jose, juga dinobatkan oleh HB Jassin sebagai Pelopor Angkatan ’45 sekaligus puisi modern Indonesia. Latar itu juga yang membangun kesadaran para seniman menggelar acara bertajuk Roadshow to Seabad Chairil Anwar di Pelataran Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya 43, Jakarta, Senin (21/3) pada 19.30 WIB malam.

Kerinduan pada karya Chairil, ungkap Jose,  terus “mengembara jauh”, “mengepakkan sayapnya tinggi”, berdengung hingga bertahun-tahun, terasa salah satunya dengan perayaan di acara ini. “Beliau (Chairil Anwar) adalah penyair terkemuka Indonesia. Diperkirakan, menulis 96 karya termasuk 70 puisi dan mulai dikenal publik setelah pemuatan puisinya yang berjudul “Nisan” pada tahun 1942,” ujar Jose Rizal Manua, salah satu penyair yang diundang di acara ini, melalui media sosial, Minggu (20/3).  

Pembaca puisi lainnya yang akan dihadirkan antara lain Imam Ma’arif, Amin Kamil, Piet Yuliakhansa, Guntoro Sulung, R. Mono Wangsa Saradani, Ireng Halimun, Harris Priadie Bah, Eki Thadan dan penyair lainnya, termasuk sajian musikalisasi puisi dari Ruang Puisi Kita.

Jakarta dan Ragam Kegiatan

Ketua Panitia roadshow yang juga Ketua Komunitas Taman Inspirasi Sastra Indonesia (TISI) , Octavianus Masheka, mengungkapkan agenda utamanya adalah peringatan satu abad atau seratus tahun Chairil Anwar pada 26 Juli 2021 mendatang. “26 Juli hingga 31 Juli 2022 digelar acara puncaknya. Dengan target pengunjung adalah kaum milenial,” papar Octa.

DKI Jakarta, menurutnya, adalah  satu dari 49 kota lain di dunia, yang terpilih sebagai City of Literature atau Kota Sastra Dunia, Kota Literasi Dunia. Sehingga kegiatan ini juga diagendakan untuk mengunjungi lima wilayah di Jakarta dari Maret hingga Juni. Di Taman Ismail Marzuki untuk wilayah Jakarta Pusat, di Bulungan untuk wilayah Jakarta Selatan, Benyamin Sueb di wilayah Jakarta Timur, Kota Tua di wilayah Jakarta Barat dan Kelapa Gading di wilayah Jakarta Utara.

Dari seluruh acara ini, berbagai kegiatan dilakukan lomba cipta puisi, lomba baca puisi, lomba musikalisasi puisi dan lomba penulisan esai. Kemudian, kemah sastra, pameran surat asli Chairil Anwar kepada HB Jassin, pameran buku sastra, pemutaran film hingga pertunjukan kesenian.“Untuk lomba, total hadiah yang diperebutkan dalam kompetisi ini sebesar Rp100 juta. Selanjutnya, seratus puisi dan esai terbaik akan dibukukan,” ungkapnya.

Kepala Satuan Pelaksana PDS HB Jassin Eka Nur Etika Putra kepada media, pertengahan Februari silam, menyatakan apresiasinya tentang kegiatan Peringatan Satu Abad Chairil Anwar. Menurut Eka, sosok penyair kelahiran  Medan, 26 Juli 1922 dan wafat di Jakarta, 28 April 1949 itu, tak dapat dipisahkan dari  “Paus Sastra Indonesia” HB Jassin.@

Pos terkait