Dosen ITERA Kenalkan Robot Industri berbasis Robot Lego kepada Siswa SMK SMTI Bandar Lampung


Sejumlah dosen dan mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di SMK SMTI Bandar Lampung pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Dalam kegiatan, siswa diberi edukasi mengenai otomasi industri berupa robotika dalam hal ini robot Industri berbasis robot lego. Selain itu juga dijelaskan beberapa penerapannya dalam berbagai aspek.
Ketua tim pengabdian, Afit Miranto ST, MT menyampaikan, kegiatan iyang mengambil tema “Service Learning” ini merupakan salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi yaitu berbagi ilmu dengan turun langsung ke masyarakat.
“Kami berupaya untuk meningkatkan pemahaman dan kreativitas siswa, menunjang kemampuan berkaitan dengan teknologi masa kini serta mendukung kreativitas pada akademisi di SMK SMTI Bandar Lampung,” tutur Afit.
Menurut Afit selain diberikan materi, siswa juga dilatih mengenai perakitan dan program robot lego tingkat dasar. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menunjang tujuan dari pengabdian yaitu meningkatkan kreativitas dan berfikir kritis siswa untuk menyelesaikan permasalahan melalui media robot lego.
Kegiatan pengabdian ini merupakan program hibah dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITERA.

Bacaan Lainnya
Foto-foto: Dok.ITERA – Dosen dan mahasiswa ITERA melaksanakan kegiatan PKM di SMTI Bandar Lampung

Afit menyampaikan terima kasih atas penerimaan SMK SMTI Bandarlampung sebagi mitra PKM. Kegiatan ini terlaksana dengan baik berkat kerja sama yang baik dari tim dan bantuan dari pihak guru dan tenaga kependidikan sekolah.
“Ke depannya diharapkan akan lebih banyak kerjasama dari berbagai pihak, seperti akademisi, pemerintah, swasta dan masyarakat yang perlu untuk terus ditingkatkan dan dijaga. Terutama dukungan pemerintah sangat diperlukan agar kegiatan seperti ini dapat berlanjut secara berkesinambungan,” ungkap Afit.
Selain Afit, kegiatan PKM juga melibatkan 4 dosen lain yakni Purwono Prasetyawan, S.T., M.T., Muhammad Asrofi, S.T., M.Eng. Nia Saputri Utami, S.T., M.T., dan Setiadi Wira Buana, S.Pd., M.Eng.

Selain dosen, turut terlibat juga sejumlah mahasiswa dari Program Studi Teknik Elektro, Teknik Informatika, Biomedis dan Teknik Fisika. Mereka adalah Arif Kurnia Ramadhan, Muhammad Qaessar Kartadilaga, Mona Ratu Oscar, Erdyvania Apritrycia dan Yusuf Naufal.@ (srs/pr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan