Ini Enam Khasiat Takjil Kolang-kaling untuk Kesehatan!

Buah kolang-kaling menjadi buruan favorit di Bulan Ramadhan. Sebagai kudapan berbuka puasa, buah ini bermanfaat bagi kesehatan.

Tekturnya yang lembut serta rasa buahnya yang kenyal dan segar, menjadikan buah kolang-kaling sangat diminati masyarakat dari berbagai golongan usia.

Bacaan Lainnya

Buah ini juga sangat cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis minuman nikmat khas Nusantara.

Selain disajikan sebagai buah untuk campuran minuman seperti sirup, kolang-kaling lebih sering dijadikan campuran untuk es buah, es campur bahkan kolak, sesuai dengan selera masing-masing orang.

“Kalau saya, biasanya diolah menjadi kolak atau manisan sebagai menu santapan saat berbuka puasa,” ujar Cucu (54) ibu rumah tangga yang ditemui Anjangsana saat berkunjung ke salah satu pasar di kawasan Leuwiliang Bogor (23/3).

Tingginya minat pembeli akan buah berbentuk lonjong, putih dan transparan ini juga menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang kolang-kaling ini.

“Kalo hari biasa, penjualnya agak berkurang, tapi jelang puasa yah lumayan banyak pembelinya, kadang sampai kehabisan stok saya juga,” tutur Mang Jajang (63) pria paruhbaya yang sudah lama berjualan kolang-kaling di Bogor.

Meskipun kerap dijadikan buah favorit di Bulan Ramadhan, namun tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya buah kolang-kaling mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut khasiat dari buah kolang kaling.

  1. Menurunkan berat badan.

Buah ini cocok bagi yang sedang melaksanakan program penurunan berat badan atau diet. Kadar gelatin pada kolang kaling cukup tinggi, sehingga bisa memberikan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

  1. Memperlancar sistem pencernaan.

Buah Kolang-kaling merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Terdapat setidaknya 39% serat di dalam buah mungil ini. Tentunya kandungan serta tersebut bisa membantu melancarkan buang air besar dan pastinya menyehatkan pencernaan.

  1. Mencegah osteopotosis.

Meskipun kecil, buah ini ternyata mengandung kalsium yang cukup tinggi. Setidaknya terkandung 91 mg kalsium, hanya pada 100 gram kolang kaling saja. Kalsium tentunya sangat baik untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

  1. Kaya akan vitamin A, B dan C.

Kolang-kaling merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin A, B dan C. Karena kandungan vitamin-vitamin tersebut cukup tinggi, maka hanya dengan rutin mengonsumsi kolang kaling, kamu tak perlu tambahan suplemen lagi.

  1. Mengobati radang sendi dan nyeri.

Terdapat salah satu zat penting di dalam Kolang-kaling, yaitu zat galaktoman. Zat ini bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri pada sendi. Bahkan untuk masa penyembuhan radang sendi, kabarnya obat paling mujarab adalah 100 gram Kolang-kaling yang direbus tanpa garam.

  1. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Banyak nutrisi penting yang terkandung di dalam Kolang-kaling, yaitu fosfor, mineral, kalsium dan zat besi. Semua zat-zat tersebut sangat membantu dalam menjaga kebugaran dan stamina. Oleh sebab itu, tak heran jika makanan satu ini sangat cocok bagi orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa, seperti di Bulan Ramadhan sekarang ini.@

Pos terkait

Tinggalkan Balasan