PkM Itera Terapkan “Teknologi Hemat Energi”di Lampung

Foto: Ist -- TEKNOLOGI YANG MENJADI BAGIAN PROGRAM ITERA DITERAPKAN DI SEKOLAH.

Sosialisasi hemat energi yang dilaksanakan Insitut Teknologi Sumatera (Itera) di Aula SMP IT Al Khilos selaras dengan upaya kementrian ESDM bahwa nilai hemat energi harus ditanamkan sejak dini.

Dalam rangka hemat energi, Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Institut Teknologi Sumatera mensosialisasikan dan mendemonstrasikan penggunaan alat terkait penerapan teknologi Internet of Things (IoT) yang hemat energi di SMP IT Al-Kohlis Sidomulyo, Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 6 November 2020, merupakan bagian dari program PkM Institut Teknoogi Sumatera (Itera) dengan tujuan menambah pemahaman terhadap perilaku hidup hemat listrik sebagai bentuk konservasi serta efisiensi energi dan dibantu dengan penerapan teknologi IoT.

“Penerapan teknologi tepat guna berupa pasang alat IoT yang dapat mengendalikan lampu, kipas di ruang sekolah serta memantau keamanan ruang kantor berbasis kamera,” ujar Ketua Program PkM Itera Purwono Prasetyawan, S.T., M.T. melalui rilisnya kepada anjangsana.id, Selasa (8/11).

Untuk itu, perlu gencar dilakukan sosialisasi hemat energi dan demonstrasi penggunaan alat loT ini. “Termasuk memfungsikan lampu hemat energi LED, lampu dengan sensor LDR dan lampu dengan sensor PIR, menggantikan lampu-lampu di ruang sekolah selama ini,” tambahnya.

Program dilaksanakan sejak Mei hingga November 2022 ini melibatkan melibatkan mahasiswa dan dosen dari beberapa program studi di Itera seperti Teknik Elektro, Teknik Perkeretaapian, Sains Data dan Teknik Informatika.

Para dosen yang terlibat antara lain Dr. Suratun Nafisah, Ir. Amelia Oktavia, S.T., M.T., Uri Arta Ramadhani, S.T., M.Sc. dan Eko Dwi Nugroho, S.Kom., M.Cs. Sementara mahasiswa yang terlibat adalah: Ahmad Yusuf Maulana, Raihan Rifki, Lanang Al Masyuri, Miftahul Donny, Yohanes B.S. dan Rahmad Sidik.

Sosialisasi hemat energi yang dilaksanakan mengundang guru-guru dengan target audiens 150 siswa-siswi Pramuka di Aula SMP IT Al Khilos. Hal ini selaras dengan upaya kementrian ESDM bahwa nilai hemat energi harus ditanamkan sejak dini.

“Anak-anak SMP tersebut sangat antusias sekali mengikuti sosialisasi, karena dikemas interaktif dengan demostrasi alat dan doorprize berupa hadiah lampu LED bagi yang benar menjawab pertanyaan-pertanyaan,” ujar Purwono.

Media Belajar

Kegiatan PkM ini sekaligus merupakan media belajar di lapangan bagi mahasiswa untuk mengamalkan pengetahuan dan keterampilannya baik di bidang elektronika, kendali dan pemrograman untuk menghadirkan alat IoT yang mampu membantu penerapan hemat energi. Tema PkM yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen ini merupakan wujud kepedulian ITERA terhadap kampanye nasional Kementerian ESDM untuk “Hemat Energi, Selamatkan Bumi”.

Kepala Sekolah SMP IT Al-Kholis M. Novan Sophian S.Pd, berharap bahwa kegiatan PkM dapat berlanjut dengan berbagai bentuk program yang lain, seperti misalnya membantu dalam pembuatan aplikasi sistem pembayaran SPP sekolah.

Program ini dapat diterapkan oleh siswa-siswi sehingga data mengubah perilaku hemat energy. “Harapannya, alat IoT yang dipasang di sekolah dapat berjalan dengan stabil membantu pengendalian lampu, kipas dan pemantauan keamanan ruang kantor sekolah,” pungkasnya.@

Pos terkait

Tinggalkan Balasan