Candaka Puri dan Kisah Lima Pohon Mangga

Foto; Dok. Candaka Puri. AREA TERBUKA - Salah satu area di Candaka Puri, Megamendung, Bogor.

Candaka Puri letaknya di kawasan Megamendung, Jawa Barat. Usai melintasi Jalan Raya Puncak Bogor, kita melewati perbukitan untuk menjumpai puri tempat santai dan berwisata ini.

Bacaan Lainnya

Suatu ketika, seorang isteri mengungkap keinginan pada suaminya. “Saya ingin lima pohon mangga di atas tanah, ” ujarnya. Si suami lantas mengiyakan keinginannya. Maka, lima pohon itu pun menjadi kenyataan. Begitu pun keinginannya tentang hamparan tanah seluas lima hektar, ikut dikabulkan. Lalu, si suami berkreasi untuk mendirikan villa peristirahatan untuk keluarga mereka.

Syahdan, luas tanah itu memang tak tanggung-tanggung. Semula, sebagian lahan masih berupa rawa-rawa, sehingga mereka sulit untuk menikmatinya. Berlanjut dengan keinginan si isteri untuk  mendirikan sebuah puri. Lalu diundanglah arsitek kawan si suami.

(Baca juga: Menyusuri Suasana Tikungan Ciloto Puncak)

Perempuan itu adalah Mulia Jayaputri Denny. Oleh suaminya, Mulia hanya boleh melihat pemandangan awal dan tak boleh menengok selama tiga tahun pembangunan kawasan yang mulanya untuk keluarga itu. “Ketika itu, saya tak boleh datang selama pengerjaan kawasan ini. Kalau semua selesai dibuat, barulah saya boleh berkunjung, ” kenang Mulia kepada wartawan, Kamis (8/4).

Foto; Dok. Candaka Puri. AREA BERFOTO – Lokasi ini cocok untuk berswafoto dan pre-wedding.

Maka, tempat itu menjadi tempat refreshing dan bersantai. Sebuah puri keluarga.  Selain mereka, yang berkunjung ketika itu masih saudara dan rekan-rekan. Semuanya ikut menikmati keindahan tempat ini.

Selama masa pandemi, terpikirkanlah oleh pasangan ini agar lahan ruang terbuka dapat dipakai siapa pun. Alam membuktikan bahwa napaktilas menjadi cara terapi penyegaran untuk pasangan suami-istri ini bersama kedua putranya.

Maka, bersepakatlah mereka Candaka Puri  dijadikan sebagai area yang dapat dinikmati khalayak umum. Candaka Puri, adalah wahana alam yang areanya dapat menjadi tempat rekreasi, outing, reuni, pertemuan formal dan non-formal, pernikahan hingga berswafoto juga pre-wedding.  “Teknik marketing kami mulanya adalah mulut ke mulut, di sampaikan oleh saudara dan rekan. Brosur dan flyer akan menyusul nantinya. Penginapan belum ada sehingga kami pun berjaringan dengan penginapan di area sekitar sini,* ujar perempuan yang menjadi pimpinan Candaka Puri, perusahaan seinduk dengan  PT Persada Dua Rajawali, Persada Kulinari itu.

Persada Kulinari bersinergi dengan Restoran Bunga Rampai, Toko Kueh dan Pisa Kafe Gelato menyediakan aneka pilihan menu masakan mulai dari makanan pembuka hingga penutup yang disesuaikan dengan kegiatan di area ini.

Foto; Sihar Ramses Simatupang. PANORAMA SUNGAI – Dari atas area Puri Candaka, nampak hamparan sungai.

Pemandangan Candaka Puri

Kami berkesempatan beranjangsana ke Candaka Puri. Mulai dari Jalan Raya Puncak, rute untuk ke sana terasa berliku. Di perjalanan, terlihat juga suasana pengerjaan waduk oleh pemerintah. Jalan panjang membuat mobil rombongan terasa meliuk di tengah bukit dan lembah. Melintasi hampar pepohonan, rumput dan batu-batu.

(Baca juga: Pesona Menawan Masjid Atta’awun)

Tapi perjalanan ini terbayar juga akhirnya. Dongeng tentang puri, hamparan alam yang terbentang di kejauhan sekarang nyata. Candaka Puri, nama tempatnya. Candaka memiliki arti utusan atau pun duta. Puri adalah rumah. Membentang cukup tinggi di antara seantero perkampungan, sawah, lembah dan anak-anak sungai di bawahnya. Angin bertiup ketika rombongan kami berdiri di areal bukit paling atas. Amboi…

Foto; Dok. Candaka Puri.
SALAH SATU AREA CANDAKA PURI

Areal berdiri di Kampung Cijulang Desa Sukakarya Gang Habib Umar, Mega Mendung, Jawa Barat. Luasnya lima hektar. Kawasan yang kabarnya juga masih akan diperluas ini, memiliki sebutan khusus di tiap sisi. Kata “candaka” mendominasi tiap areal di Candaka Puri ini.

Salah satu kawasan di dalamnya adalah Candaka Nadi, karena panorama air dan gemericik sungai yang diselingi gazebo di sepanjang alirannya sehingga dapat digunakan untuk kebersamaan dengan rekan dan keluarga. Candaka Astaka Tirta untuk pengunjung yang rindu pada gemericik air dan kolam melenakan mata.

Nah, menyusuri jalan panjang di hamparan itu dapat dilakukan jalan kaki,  bersepeda atau moda tranportasi yang disediakan khusus di sana. Jangan heran bila di Candaka Fauna, Anda mendapati angsa hitam, black swan yang riang di kolam. Rusa, burung merpati indah dengan kaki khas berbulu, kelinci dan burung merak. Selain itu, delapan kolam ikan koi yang diberi nama Candaka Jaya, melengkapi koleksi hewannya. Candaka Puspa, dengan hamparan taman bunganya. Candaka Mula  untuk yang suka pada pepohonan buah.

Foto; Sihar Ramses Simatupang. PEMANDANGAN SAWAH DI KEJAUHAN.

Ruangan lain, dapat mengisi momen formal mau pun non-formal.  Candaka Astaka yaitu mini ballroom lengkap dengan padang rumput untuk acara pernikahan berkapasitas 300 orang duduk dengan meja. Candaka Gandring berupa ruang tertutup untuk pertemuan kantor dan rekan kerja termasuk meeting berkapasitas besar menampung sampai 75 orang. Candaka Raga untuk kepeluan olahraga seperti  futsal, biliar, outdoorgym, futsal bahkan berupa pameran dan kegiatan lainnya. Candaka Pandhapa area terbuka yang cocok untuk bersantai menikmati makanan di arena luar ruang, yang bersipadan denganCandaka Boga, area yang khusus menyajikan penganan.@

Pos terkait