Pantai Talise Kembali Bersolek

Keindahan Pantai Talise kini menampakkan pesonanya untuk dinikmati para wisatawan seusai gempa dan tsunami pada bulan September 2018 silam.

Oleh: Muhammad Dahlan

Bacaan Lainnya

Pantai Talise letaknya tidak jauh dari kota Palu, Sulawesi Tengah tepatnya di sepanjang teluk Palu. Pantai Talise, Sulawesi Tengah dahulu terkenal dengan keindahannya,

Pantai ini banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar dan para wisatawan. Namun pada bulan September 2018 semua keindahan tersebut seketika musnah akibat peristiwa bencana alam.

Foto: Ist – BERWISATA DI PANTAI TALISE

Gempa dengan kekuatan 7.4 SR menguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah. Berselang beberapa menit setelah gempa hebat terjadi, gelombang tsunami setinggi 100 kaki menyapu semua bangunan yang dilewatinya.

Pantai Talise di Kecamatan Palu Timur menjadi salah satu tempat terparah akibat sapuan gelombang tsunami. Ribuan bangunan di bibir dan di sekitar pantai luluh-lantak dan mayat-mayat berserakan beberapa saat setelah tsunami terjadi.

Kembali Berbenah
Kini 4 tahun telah berlalu. Pada pertengahan tahun 2022 penulis berkesempatan mengunjungi kota Palu.

Sebelum mengunjungi pantai Talise terlebih dahulu kami mengunjungi masjid apung Arqam Baburrahman Palu,

Masjid ini seakan menjadi saksi dahsyatnya bencana tsunami lalu. Masjid masih berdiri namun tidak bisa dipergunakan lagi karena lantainya digenangi air laut.

Oleh karena jaraknya yang tidak terlalu dari hotel Andalas tempat kami bermalam, kami mengunjungi pantai Talise di sore hari menikmati keindahan pantai teluk Palu di bawah cahaya matahari sore hari lalu kami mengunjungi kembali pantai di malam hari menikmati suasana malam yang terasa berbeda dengan di sore hari.

Foto: Ist- BERCENGKERAMA DI SEKITAR PANTAI.

Pasca tsunami perlahan-lahan para pedagang mulai berbenah dan berjualan lagi. Beberapa café sederhana dan tidak permanen berdiri di sepanjang pantai.

Menu yang disajikan tampak beragam, pisang goreng dengan berbagai variasi, roti bakar, jagung bakar dan beraneka minuman antara lain minuman khas Sarabba, kopi dan lain-lain.

Duduk lesehan di tempat yang disediakan pemilik café di pinggir pantai kami menikmati suasana malam yang terasa indah.

Angin semilir tepi pantai teluk Palu dan kerlap kerlip cahaya di sepanjang pantai sungguh memanjakan dan eksotis.
Apabila berkunjung ke kota Palu, Sulawesi Tengah jangan lupa singgah ke pantai Talise. Nikmati keindahan pantai teluk Palu yang dikelilingi oleh perbukitan.@

Pos terkait

Tinggalkan Balasan