Menyusur Keindahan Alam Gunung Bunder

Foto; anjangsana.id/ Fahri - GUNUNG BUNDER = Gunung yang menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini kaya dengan pesona alamnya.
Cloud Hosting Indonesia

Suara gemericik air, pemandangan bebatuan besar dan panorama sungai. Ditambah lagi dengan pepohonan rindang membuat nuansa alam sekitar Gunung Bunder semakin mempesona.

Areal ini yang memiliki ketinggian antara 750 hingga 1.050 meter dari permukaan air laut dan sebagian besar berupa hutan milik Perhutani yang ditanami dengan pohon pinus. Sejauh mata memandang adalah hamparan pepohonan lebat dan kehijauan. Dari tempat ini, pemandangan kota Bogor dan pemandangan Gunung Salak, keduanya dapat sekaligus kita nikmati.

Bacaan Lainnya

Gunung Bunder yang termasuk salah satu dari kawasan wisata alam yang terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor ini memang terkenal dengan suasana alam yang indah dan sejuk.

Nah, jika kamu berkunjung ke Gunung Bunder ini, jangan lupa untuk berkunjung ke salah satu destinasi wisata alam pemandian air panas Ciparay. Akses menuju kawasan wisata itu terbilang cukup baik. Namun, pengunjung perlu menuruni anak tangga dari pintu masuk kawasan ini sekitar 500 meter. Walaupun sedikit melelahkan, perjalanan menuju lokasi kolam pemandian air panas Ciparay akan terbayar dengan nuansa alami khas pegunungan yang mempesona.

Lokasi pemandian air panas Ciparay sendiri berada disisi kiri aliran sungai Cikuluwung, air sungai yang dingin dan jernih mengalir deras diantara bebatuan vulkanik besar membuat pemandangan terlihat semakin indah.

Selain itu, suasana pemandian khas pedesaan semakin terasa dengan deretan pancuran air panas yang dialirkan di pinggir sungai Cikuluwung.

(Baca juga: Menapaki Wisata Alam Seureuh Hejo)

Harga tiket masuk gerbang Air Panas Ciparay Bogor adalah Rp 10.000 per orang. Sementara bagi yang ingin menyewa kolam rendam sebesar Rp 5.000.

Untuk menuju kawasan TNGHS ini, pengunjung dari arah Kota Bogor bisa mengambil rute ke arah Kampus IPB Dramaga dan terus mengikuti jalan ke arah Leuwiliang.

Foto; Fahri/anjangsana.id

Sekitar 3-5 kilometer kemudian di pertigaan Cikampak, pengunjung akan menemukan papan petunjuk Gunung Bunder di kiri jalan. Dari situ, perjalanan sudah langsung mengarah ke kawasan Gunung Bunder.

Selain jalan utama tersebut, terdapat pula jalan alternatif lainnya melalui Cibatok dengan patokan Polsek Cibungbulang. Beloklah ke kiri dan ikutilah jalan tersebut sampai pintu masuk gerbang Taman Nasional Halimun Salak.

Berendam di Pemandian Ciparay

Salah satu pengunjung asal Kota Depok Dani (45) mengatakan, dirinya datang bersama keluarganya untuk berlibur di kawasan pemandian air panas Ciparay.

“Datang bersama keluarga untuk berendam di pemandian air panas untuk ngilangin pegal-pegal, area pemandian nya cukup bagus, pemandangannya juga indah,” ungkap Dani kepada wartawan pada, Minggu (30/10/2021).

Foto; anjangsana.id/Fahri

Sebagai informasi, bagi anda yang hendak berlibur ke kawasan Gunung Bunder, pastikan kendaraan yang dipakai dalam kondisi prima karena akses menuju lokasi wisata melalui medan tanjakan dan turunan yang curam. Ikuti dan patuhi peraturan yang sudah ditetapkan pihak pengelola, jagalah kebersihan dan selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.@ (Fahri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan