Pawai Tahrib Ramadhan Jadi Ciri Khas Tradisi Jakarta Utara

Warga Jakarta Utara pun menyambut Bulan Ramadhan ini dengan tradisinya yang khas.

Pawai obor atau Pawai Tahrib Ramadhan yang dilaksanakan pada Minggu malam, 19 Maret 2023 oleh warga muslim Kelurahan Tuguh Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, merupakan tradisi tahunan menyambut bulan suci Ramadhan.

Bacaan Lainnya

Pawai Tahrib ini dilaksanakan bersama Jamaah Masjid Nurul Janah, Jamaah Musholla Arraudhoh, dan warga Kampung Mangga. Setelah Sholat Isa Pawai Obor dimulai dari Masjid Nurul Janah berkeliling di wilayah Kampung Mangga dan kembali ke Masjid Nurul Janah.

Ketua Panitia Wahyu dari jemaat Masjid Nurul Jana memimpin pawai obor tersebut..Ia naik di atas gerobak dengan towa dan beduk yang ditabuh rekan-rekan panitia berkeliling wilayahnya dengan melantunkan lagu “Marhaban ya Romadhon”.

Suasana pawai Tahrib Ramadhan di Jakarta Utara – Foto: Frans HR

Dalam rangka turut menjaga ketertiban serta kestabilan, kegiatan ini juga dihadiri pihak FKDM Kelurahan Tuguh Selatan Sri Rahmawati yang turun langsung untuk bergabung dalam pawai obor tersebut.

Tradisi Pawai ini selain peserta yang membawa obor, ada beberapa kesenian yang ditampilkan juga di antaranya, beduk.

Beduk yang merupakan alat musik tabuh yang biasa digunakan untuk penanda waktunya shalat sebelum suara azan berkumandang, Robana Kasidah untuk pengiring lagu riligi/Nasyid, bas drum band yang biasanya dipadu dengan Marawis. Ada juga dekorasi tongkat Kembang Mayang biasanya untuk arak-arakan dengan Ondel Ondel dihiasi jejeran spanduk dan pamflet.

Tahrib Ramadhan di Jakarta Utara – Foto: Frans HR

Marhaban ya Ramadhan 1444 H. Warga menyambut dengan penuh sukacita dan kegembiraan segenap warga.

Ada sekitar 250 sampai 300 orang peserta yang mengikuti Pawai Obor. Semua dengan penuh semangat dan riang gembira atas menyukseskan Pawai Obor sehingga tidak mengalami kendala apapun.

Wahyu, ketika ditemui media dekat teras Masjid Nurul Janah mengatakan, “dengan Bulan Suci Ramadhan ini, kiranya kita semua lebih meningkatkan keimanan dan amal ibadah kita,” ujar Wahyu. (Frans HR)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan