Peringatan Satu Abad Chairil Anwar Bakal Meriah, Ini Sebabnya …

Foto; Dok. -- PEMBACAAN PUISI CHAIRIL ANWAR DI MUSEUM FATAHILLAH.
Cloud Hosting Indonesia

Peringatan Satu Abad Chairil Anwar di Jakarta bakal meriah. Sebab, pada Kamis, 21 April 2022 bakal ada Road Show to Satu Abad Chairil Anwar di pelataran Museum Fatahillah, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Bacaan Lainnya

Kemeriahan itu akan diisi sejumlah penyair dan deklamator nasional dengan membacakan sajak-sajak karya Chairil Anwar. Kepala Suku Dinas Kebudayaan (Sudinbud) Jakarta Barat Ahmad Syaropi juga mendukung dan menyambut baik acara itu. Dia yakin Road Show to Satu Abad Chairil Anwar akan mengembangkan literasi dengan penuh spirit. Moment ini juga kesempatan baik untuk menunjukkan bahwa sudah tepat langkah United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) memilih DKI Jakarta sebagai City of Literature, Kota Literasi Dunia.

Selain itu, menurut Syaropi, Chairil Anwar adalah tokoh literasi penting bangsa ini.

“Road Show itu akan digelar pada Kamis, 21 April 2022, bertepatan dengan Peringatan Hari Kartini, yang juga merupakan momen literasi penting bangsa ini, melalui buku Habis Gelap Terbitlah Terang,” sebut Syaropi.

Alasan lain dia mendukung kegiatan ini lantaran banyak kalangan milenial dari Gliter Jak (Group Literasi Jakarta) pimpinan Sri Kustiah yang terlibat.

“Keterlibatan orang muda, kalangan milenial, dalam pengembangan literasi, harus didukung penuh. Ini aktivitas yang sangat relevan dengan Dinas Kebudayaan Jakarta Barat yang saya pimpin,” beber Syaropi.

Syaropi mengaku, event Road Show to Satu Abad Chairil Anwar juga sudah sesuai arahan Kepala Dinas Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana.
Ketua Peringatan Satu Abad Chairil Anwar Oktavianus Maseka menyebut, acara ini akan digelar marathon di setiap daerah di Jakarta

Road Show to Satu Abad Chairil Anwar sudah digelar di Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat, kemudian dilanjutkan ke Jakarta Barat. Selanjutnya, digelar di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.

“Dengan kata lain, Kepala Suku Dinas Kebudayaan (Sudinbud) di tiap wilayah DKI Jakarta, sesungguhnya adalah tuan rumah Road Show to Satu Abad Chairil Anwar di wilayah masing-masing. Event ini adalah wujud nyata Sudinbud tiap wilayah dalam mendukung DKI Jakarta sebagai City of Literature,”ujarnya.

Oktavianus menyebut, kegiatan itu juga mendapat dukungan dari Komunitas Taman Inspirasi Sastra Indonesia (TISI), Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin, dan Kepala UP Museum Kesejarahan Jakarta Esti Utami.@

Pos terkait

Tinggalkan Balasan