DPP KNPI dan PIB IPB Gelar Sosialisasi Safety Riding untuk Pemuda dan Mahasiswa, ini Tujuannya

BOGOR –  Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bogor bekerja sama dengan Pengawal Ideologi Bangsa (PIB) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan sosialisasi safety riding (keselamatan berkendara) untuk para pemuda dan mahasiswa berlangsung di Auditorium Andi Hakim Nasution IPB Dramaga pada, 27 Juni 2024.


Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para pemuda dan mahasiswa tentang pentingnya keselamatan berkendara. Hal ini penting mengingat tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kaum muda, terutama mahasiswa.

Bacaan Lainnya


“Kegiatan safety riding ini bermanfaat untuk memberikan pemahamanan bagaimana menggunakan perlengkapan keselamatan saat berkendara, mematuhi peraturan dalam berlalu lintas, maupun mengontrol emosi dan memahami rute dalam perjalanan,” ungkap Ketua PIB IPB, Aldi Ferdiansyah dalam keterangannya.


Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Drh Deni Noviana mengatakan bahwa tak hanya di kampus saja akan tetapi mahasiswa juga harus tertib saat berkendara dijalan.


“Oleh karena itu, mereka harus menjadi pelopor keselamatan berkendara,” katanya.


Sementara itu, menurut Wakil Ketua DPP KNPI, Edy Wijaya, dalam sambutannya mengatakan, bahwa kesadaran mahasiswa dalam berlalulintas saat ini semakin bertambah, pihaknya telah berupaya dengan berkolaborasi dalam kegiatan tersebut.


“Safety riding hadir atas dasar kesadaran pentingnya menyelamatkan diri sendiri dan orang lain saat sedang berkendara lalu lintas sehingga perlu dipahami tata tertib berkendara,” katanya.


Direktur Pengelolaan Kebersihan Lingkungan Kampus IPB University, Toto Mustopa mengatakan bahqa IPB berkomitmen dalam mendukung berbagai kegiatan positif dalam menunjang kesadaran berlalu lintas bahkan hal itu dilakukan sejak tahun 2004 sampai dengan saat ini.


“Tahun 2015 IPB mulai berkomitmen untuk menjadi green kampus sehingga tercipta green transportation melalui penyediaan fasilitas bus, sepeda, hingga penyediaan pos verifikasi motor,” katanya.


Salahsatu peserta, Fathan Putra Mardela mengatakan bahwa pada kesempatan itu para peserta sosialisasi selain mendapat kesempatan untuk bertanya langsung kepada pemateri, peserta juga diberikan tipa dan trik tentang keselamatan berkendara agar terhindar dari bahaya kecelakaan lalu lintas.


“Kegiatan Safety Riding sangat bermanfaat dan membuka wawasan baru bagi kami selaku mahasiswa yang akan menjadi pelopor bangsa khususnya pelopor tertib berlalu lintas,” katanya.


Peserta juga berharap agar acara seperti ini dapat diadakan secara rutin untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara.

Sosialisasi ini dihadiri oleh puluhan pemuda dan mahasiswa dari berbagai komunitas di Bogor diantaranya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Cabang Bogor, Pelajar Islam Indonesia, dan Berbagai Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Daerah seperti Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Minang (IPMM) serra Pamaung Bandung. Narasumber dalam acara ini diantaranya Rusdi Ali Hanafi selaku Wakil Ketua Umum DPP KNPI, Yudi Sudarma dari Jasa Raharja,  Asisten Direktur Pengelolaan Kebersihan Lingkungan Kampus, Toto Mustopa, S.I.P., M.Si., dan Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Bogor, Ipda A. Rahman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan