Menyusur Trek Sabana Cikasur, Gunung Argopuro, Jawa Timur

Jalurnya sangat sulit dilalui dan tidak ada jalan setapak untuk menuju lokasi tersebut.

Lokasi sabana yang berada di ketinggian sekitar 2200 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut) ini bisa dilalui lewat jalur Baderan.

Bacaan Lainnya

Sabana yang terhampar luas ini, pada jaman penjajahan Belanda dan diteruskan pada jaman penjajahan Jepang pernah dijadikan landasan pesawat.

Untuk menuju lokasi ini diperlukan fisik yang mumpuni, karena jarak dari basecamp menuju lokasi ini memakan waktu tempuh dua hari dengan berjalan kaki.

Trek yang dilalui – Foto: IG @adjie hasan

Namun jika ingin ditempuh dalam waktu cepat dapat menyewa jasa ojek dengan biaya sebesar Rp. 350.000 per orang dengan waktu tempuh hanya 3 jam saja.

Lokasi yang terhampar luas ini merupakan habitat dari hewan liar yang ada di gunung Argopuro termasuk Merak Hijau yang menurut informasi populasinya sudah semakin berkurang.

Jika beruntung pendaki bisa melihat keberadaan mereka. Lokasi asli dari Merak hijau ini ada di sekitaran Danau Merak, namun pendaki dilarang memasuki wilayah tersebut karena memang jalurnya sendiri sangat sulit dilalui dan tidak ada jalan setapak untuk menuju lokasi tersebut.

Selain habitat binatang, menurut mitos, sabana Cikasur Gunung Argopuro adalah lokasi bermain dari Putri Rengganis.

Patut diketahui, Gunung Argopuro adalah gunung dengan trek terpanjang di pulau jawa dengan ketinggian sekitar 3088 MDPL, membutuhkan waktu sekitar 6 hari untuk bisa dijelajahi.

Pemandangan di perjalanan – Foto: @temenjalan

Buat kalian penikmat atau pecinta alam, wajib rasanya mendaki gunung ini, namun ada baiknya jika ingin mendaki gunung ini harus mampu memamagemen logistik, karena memang lamanya waktu pendakian.

So let’s go guys! Salam Rimba, Salam Hijau, Salam Lestari… @

Pos terkait

Tinggalkan Balasan