Ragunan, Taman Satwa yang Nyaman Dikunjungi

burung-elang
Foto; Anjangsana.id/Mutri Sudrajat -- BURUNG DI RAGUNAN - Salah satu jenis burung yang ada di Taman Margasatwa Ragunan.
Cloud Hosting Indonesia

Di masa pandemi, tempat wisata tetap jadi incaran warga untuk mengisi waktu akhir pekan bersama keluarga. Salah satunya adalah Taman Rekreasi Margasatwa Ragunan.

Bacaan Lainnya

Lokasi yang ada di Selatan Ibukota inI dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta dengan luas 147 hektar, dihuni 2000 satwa dan terdapat 20.000 jumlah pohon yang merupakan tempat paling cocok sebagai tempat wisata untuk keluarga. 

Pada masa pandemi ini, tempat wisata tersebut dibuka dari pukul 08.00 sampai 14.00 setiap harinya. Tempat wisata ini merupakan salah satu contoh yang telah menjalankan program protokol covid yaitu 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. 

Hal ini bisa dlihat dengan dilakukannya pemeriksaan suhu badan pada saat kita memasuki tempat wisata tersebut. Selain itu, petugas–petugas yang bertugas di sana, memberikan penjelaskan bahwa pengunjung yang diperbolehkan masuk ke lokasi wisata tersebut adalah yang berusia dari balita diatas (3 tahun) sampai usia lanjut di bawah (60 tahun). Pengunjung pun hanya berlaku untuk warga khusus yang berdomisili di DKI Jakarta dengan menunjukkan E-ktp atau kartu indentitas. 

(Baca juga: Napak Tilas ke Gua Sunyaragi Cirebon)

Dengan demikian banyaknya pengunjung dari warga yang berasal dari luar Jakarta yang ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut tidak diperkenankan masuk dan dipersilahkan meninggalkan tempat wisata tersebut. Setelah kita melewati pemeriksaan tersebut, kita dipersilahkan langsung menuju ke lokasi parkir kendaraan. 

Di sana hanya terlihat beberapa kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua yang memenuhi kapasitas lokasi parkir kendaraan tersebut yang tergolong masih sangat luas untuk menampung kendaraan pengunjung.

Untuk masuk ke lokasi taman wisata tersebut kita cukup merogoh kocek sebesar Rp 45.000 untuk 4 orang sudah termasuk biaya parkir. Sesampainya di pintu gerbang utama wisata tersebut terlihat kran kran air yang cukup banyak tersedia untuk mencuci tangan. 

Untuk masuk kedalam lokasi wisata tersebut kita juga harus melewati pintu gerbang yang mana petugas-petugas disana memeriksa tiket pengunjung tersebut. Setelah melewati pintu gerbang tersebut kita disambut oleh suasana alam yang sangat nyaman.Terdapat hamparan pepohonan yang rimbun dan suasana yang sangat tertata rapi. 

Jalan Kaki atau Bersepeda

Ada pilihan buat pengunjung bagi yang ingin berkeliling lokasi tersebut yaitu dengan berjalan kaki sambil menikmati suasana atau dengan bersepeda. Informasi papan petunjuk untuk lokasi satwa juga tersedia sangat jelas sehingga kita bisa merencanakan untuk melihat berbagai jenis satwa secara keseluruhan. 

Suasana pada masa pandemi ini sangat terlihat jelas dengan jumlah pengunjung yang lebih sedikit, membuat suasana tambah tenang, nyaman serta membuat pengunjung yang ada lebih bisa menikmati lokasi wisata tersebut. 

Hal ini juga didapat dari informasi Martin, seorang petugas pemelihara taman yang bertempat tinggal di daerah setu babakan Jakarta Selatan yang sedang bekerja. 

Menurut informasi beliau untuk taman wisata margasatwa Ragunan saat ini hanya di batasi jumlah pengunjung per harinya sebanyak 2.000 orang. Di dalam lokasi wisata tersebut selain ada beberapa danau, ada juga beberapa kios penjual aneka makanan dan minuman yang bisa mengganjal perut pengunjung sehabis berkeliling tempat wisata tersebut. 

Untuk pengunjung yang ingin berkeliling dengan cara menggunakan mobil yang disediakan oleh pengelola tempat wisata dan acara pertunjukan yang biasanya di adakan di setiap lokasi satwa untuk berinteraksi langsung dengan pengunjung di tiadakan guna mengurangi berkumpulnya para pengunjung di satu tempat. 

Ada juga tempat-tempat beristirahat untuk para pengunjung berupa bangku-bangku taman yang bisa dipergunakan di pinggir jalan di beberapa lokasi. Terlihat juga tempat lokasi satwa yang ada disana sangat bersih dan tertata rapi dan untuk konsumsi makanan buat satwa tersebut tercukupi sehingga satwa di sana sangat terlihat sehat.@

Pos terkait

Tinggalkan Balasan