Doa dan Karya untuk Pemulihan Remy Sylado

Cloud Hosting Indonesia

Seniman dan budayawan akan menggelar doa serta apresiasi karya untuk budayawan Remy Sylado di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya Jakarta Pusat, Jumat besok (3/2).

Mereka, para pelaku seni dan rekan munsyi sastra ini akan menggelar berbagai kegiatan seni seperti pembacaan puisi, musikalisasi puisi hingga doa di Taman Ismail Marzuki (TIM) yang pernah menjadi habitus kesenian dan kebudayaan di Jakarta dan di Indonesia itu.
Remy saat ini sudah membaik kondisi kesehatannya. Meski bersedia hadir, belum diketahui apakah akan dapat datang di acara yang menggunakan protokoler pandemi itu.
Ketua Panitia Pelaksana Doa untuk Remy Sylado, Jose Rizal Manua mengatakan bahwa video Remy yang menyanyi serta memberikan apresiasi untuk inisiatif acara dari para rekannya itu pun akan diputar besok.
Acara yang akan digelar sejak pukul 16.00-17.50 tersebut akan melakukan lelang lukisan karya Remy Sylado, pameran dan penjualan lukisan untuk biaya kesembuhan munsyi sastra ini, doa lintas agama untuk seorang Remy Sylado.

Bacaan Lainnya

Menurut Jose Rizal Manua, sejumlah nama seperti Anies Rasyid Baswedan (Gubernur DKI Jakarta), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Jajang C Noer, Reza Rahadian hingga Presiden Penyair Indonesia Sutardji Calzoum Bachri telah menyatakan kesediaannya untuk hadir dalam acara itu.

Nama-nama para tokoh berbagai latar belakang itu juga akan membacakan sejumlah sajak karya Remy Sylado. Diantaranya sajak berjudul Lanskap Toba, Pasturel, Bunaken, Pena, Alamat Kita, Apakah Negerinya Masih, Dalam Cara Anak, dan Semua Keindahan Terwujud.

“Jadi, agenda pokoknya adalah Doa untuk Remy Sylado sekaligus mengapresiasi karya karya besar Remy Sylado, terutama lelang karya lukisannya dari berbagai latar tahun dan aliran,” tuturnya, Kamis ini.
Berbagai peristiwa kesenian dan kebudayaan juga akan mengisi momen pameran dan penjualan karya lukis dari para sahabat, seperti Hanafi, Baron Basuning, Sitok Srengenge. Kemudian karya lukis Cak Kandar, Masl
Padhik, A.R Soedarto, Ramadhan Bauqie dan masih banyak karya perupa lainnya yang secara ikhlas berpameran juga menyumbangkan hasil karya yang terjual untuk kesembuhan maestro budaya ini.

Rencananya, acara ini akan dihadiri juga oleh sejumlah pejabat negara lainnya, seperti Bambang Soesatyo, Fadli Zon, dan Sandiaga Salahuddin Uno.

“Kelak hasil lelang lukisan sejumlah sahabat Remy Sylado hasilnya dalam prosentase tertentu akan dihibahkan untuk biaya pemulihan kesehatan Remy Sylado,” papar Jose Rizal Manua.

Istri Remy Sylado, Emmy Louisa Tambayong kemudian mengungkapkan kebahagiaannya terhadap pelaksanaan acara ini. Dirinya mengungkapkan rasa hormatnya pada seluruh rekan Remy serta semua pihak yang turut terlibat pada acara ini.

“Remy Sylado bahkan sangat bersemangat untuk turut serta dalam acara besok, meski harus berbaring dari ranjang, dia bersikeras mau ikut membacakan puisinya,” pungkasnya.@ (berbagai sumber)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan