Dianggap Kumuh, Pertigaan Jalan di Cigudeg Bogor Perlu Penertiban

BOGOR – Perlunya penataan jalan dan kawasan sekitar pertigaan Cigudeg di Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor agar tidak terlihat kumuh dan memperlancar mobilisasi kendaraan.

Seperti diungkapkan Kepala Desa Cigudeg, Andi Supriyadi bahwa dirinya menilai saat ini perlu adanya penanganan dan penertiban di sekitar pertigaan cigudeg.

Bacaan Lainnya

“Pertigaan cigudeg itu yang pertama lahannya kumuh. Jadi, mengurangi estetika mengganggu keindahan kota,” ungkap Andi Supriyadi kepada wartawan usai menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Cigudeg pada, Kamis 7 Maret 2024.

Selain itu, kata dia, pada hari-hari besar seperti lebaran dan bulan ramadhan biasanya terjadi kepadatan arus lalu lintas.

“Biasanya ini mobil padat jadi, mobil itu macet bisa sampai lima kilometer,” katanya.

Makanya, kata dia, perlu adanya penertiban dan penataan di sekitar pertigaan cigudeg agar terlihat lebih rapih dan tidak menimbulkan kemacetan di hari-hari tertentu.

“Yang terpenting ada jalan keluar masuk kendaran, kan sekarang jalur yang ke arah Kecamatan Sukajaya itu cuma satu, nanti mah kalau jalur itu sudah ditertibkan, di bagus kan yang di pertigaan itu kan jadi jalannya bisa untuk masuk dan keluar jadi enak gitu,” katanya.

Dia menjelaskan, kondisi saat ini di pertigaan cigudeg selain jalannya sempit juga terdapat banyak tukang ojek yang mangkal di badan jalan menambah jalan semakin sulit dilalui kendaraan sehingga mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

“Maksudnya kan disitu ada ojek yang mangkal terus mobilnya satu jalur maksudnya dari situ situ juga keluar masuknya kendaraan, jadi setiap ada mobil dari arah Sukajaya menuju Jasinga terus kemudian ada kendaraan yang dari arah Bogor menuju Sukajaya itu tidak masuk jadi macet,” katanya.

Perlunya penertiban di pertigaan cigudeg tersebut, kata dia, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bogor perlu memprioritaskan pembebasan lahan dan bangunan milik warga yang ada di sekitar pertigaan cigudeg.

‘Ayo lah di prioritaskan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, itu setelah dilakukan pembebasan lahan nanti tinggal bikin jalan untuk jalurnya. Sebetulnya tidak luas itu hanya sekitar 500 meter tetapi kan bisa dibuat jalan nantinya disitu dan nantinya bisa dibuat jalur taman supaya bagus kan kelihatannya,” katanya.

Sementara itu, Camat Cigudeg Ade Zulfahmi mengatakan bahwa terkait kondisi pertigaan cigudeg seperti yang sudah ditegaskan oleh Kepala Desa Cigudeg itu juga sudah diusulkan.

“Kalau kita lihat, pertigaan itu rada tajem kalau dari arah Jasinga mau ke Sukajaya, ataupun sebaliknya yah sehingga terjadinya kemacetan,” katanya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan, penanganan secara kasat mata perlu ada sodetan di pertigaan cigudeg.

“Seperti pembebasan lahan, dan kalau mau dibikin tugu, berarti lahannya yang harus dibebaskan rada lumayan gitu. Kayak sodetan Cibungbulang – Cibatok, itukan kecil yah, sekarang kalau kita lihat sudah agak lebar, walaupun kendalanya banyak angkutan umum yang ngetem kalau di Cibatok tuh. Jadi, masih rawan titik kemacetan,” katanya. (Fex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan