SMP Islam Al Azhar 28 Cibinong: Kembangkan Potensi Peserta Didik Melalui Kegiatan AMB dan P5

SMP Islam Al Azhar 28 Cibinong melaksanakan serangkaian kegiatan guna menggali potensi siswa-siswi dengan tajuk Alcy Mencari Bakat (AMB).

Mendidik anak tak hanya fokus pada sisi akademis saja. Selain kecerdasan akademis setiap anak memiliki bakat, yaitu kemampuan yang ada di dalam diri seseorang sejak lahir dimana kemampuan tersebut dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan cepat dan dengan hasil yang baik. Setiap anak memiliki bakat berbeda dalam bentuk dan bidang yang beragam.

Bacaan Lainnya

Bakat anak akan menjadi potensial bila diasah dan diberi ruang untuk berkembang. Memberi ruang untuk mengembangkan bakat ini yang kemudian diwujudkan oleh SMP Islam Al Azhar 28 Cibinong atau yang dikenal dengan Alcy, dengan kegiatan AMB atau Alcy Mencari Bakat. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis (23/11/2023). Alcy Mencari Bakat adalah media untuk mengembangkan dan menyalurkan bakat murid-murid SMP Islam Al Azhar 28 dalam bidang non akademik yang nantinya para juara akan dilombakan dalam kegiatan FELKA (Lomba tingkat Al Azhar se Indonesia) dan FL2SN (Tingkat Kabupaten).

Dari wadah ini siswa-siswi dapat memunculkan rasa percaya diri mereka dan juga dapat mengapresiasikan dengan baik bakat yang mereka miliki. Adanya AMB para siswa-siswi antusias mengkreasikan bakat-bakat yang mereka miliki. Bakat-bakat yang ditampilkan oleh peserta AMB ini antara lain: solo vocal, solo gitar, solo keyboard, story telling, desain poster, komik, tari ASBD, kaligrafi, puisi, pantomime, serta badminton.

Foto-foto: Bagus Sidi Pramudya – Siswa peserta lomba puisi AMB

“Tunjukkan Bakatmu” menjadi tema yang diusung dalam pagelaran pentas tahunan sekolah ini. Program ini merupakan salah satu program yang bertujuan mengasah kreativitas serta pengembangan kompetensi siswa-siswi SMP Islam Al Azhar 28. Ajang ini merupakan program sekolah yang berada di bawah naungan tim kemuridan SMP Islam Al Azhar 28 Cibinong. Arisa Isabella Setyorini, S.Pd, selaku Koordinator Kemuridan SMP Islam Al azhar 28 Cibinong menyatakan, “Tujuan dan manfaat terselenggaranya kegiatan ini adalah untuk mengembangkan bakat murid-murid SMP Islam Al Azhar 28 Cibinong.”

Ditambahkan oleh Tila Handaini, Ketua Jamiyyah SMP Al Azhar 28 Cibinong, bahwa kegiatan ini membawa dampak positif bagi siswa-siswi Al azhar 28 Cibinong. Dirinya selaku Ketua Jamiyyah yang juga terlibat dalam kegiatan ini merasa senang. Dari ajang AMB ini banyak bakat-bakat potensial yang tersalurkan.

Tahun ini merupakan pelaksanaan AMB yang kelima. Menurut Sisiliati Sulaiman, S.Sn, AMB tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, karena kegiatan ini dibarengi dengan Selebrasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dimana siswa-siswi dari Kelas 7 dan Kelas 8 menampilkan hasil karya terbaik mereka. Anak-anak SMP Islam Al Azhar 28, tambahnya, sangat berpotensi dalam mengembangkan seninya di bidang non akademik.

Duta anti narkoba SMPI Al Azhar 28 didampingi guru mereka, Sisiliati Sulaiman, S.Sn

Dari ajang ini sekolah mendapatkan siswa yang memiliki bibit baru di bidang non akademik, Selain itu bisa menjadi media promosi sekolah untuk menarik minat siswa lulusan SD masuk ke SMP Islam Al Azhar 28 Cibinong. Sekolah juga berharap siswa terus mengembangkan kreatifitas yang dimiliki, baik di bidang akademik maupun non-akademik, karena kegiatan ini merupakan wadah untuk memahami keahlian mereka di bidang apa.

Selebrasi P5

Kegiatan AMB ini kemudian dirangkai dengan acara Selebrasi, Sabtu (25/11/2023). Acara ini merupakan implementasi dari penerapan kurikulum merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang pelaksanaan program P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Dalam menyelenggarakan program P5 ini SMP Islam Al Azhar 28 merujuk dimensi karakter “Bangunlah Jiwa dan Raganya”. Dimana bentuk pelaksanaan dari dimensi tersebut dalam ranah pergaulan remaja.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMP Islam Al Azhar 28 terdiri dari Kelas 7, 8, dan Kelas 9. Para siswa dan siswi diberi penyuluhan dan pemahaman tentang narkoba. Tentang dampak negatif dari bahayanya mengkonsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang. Dalam kegiatan P5 ini SMP Islam Al azhar 28 Cibinong bekerja sama dengan Badan Penyuluh Narkoba Ahli Muda Deputi Bidang Pencegahan BNN.

Dengan tagline “say no to drugs” kegiatan ini menjadi moment penting untuk memberi pemahaman para siswa-siswi agar jangan coba-coba mendekati narkoba, mengingat dampaknya yang bisa menghancurkan masa depan mereka. Menurut Imamudin S.Pd, M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMP Islam Al Azhar 28 Cibinong, tujuan diadakannya kegiatan ini agar generasi muda khususnya peserta didik yang ada di sekolah SMP Islam Al Azhar 28 Cibinong memahami tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, dan dapat menjauhi diri dari hal-hal yang dapat membahayakan jiwa dan raga baik secara fisik maupun psikis.(Bagus Sidi Pramudya)@

Pos terkait

Tinggalkan Balasan