Selami Dinginnya Telaga Batu di Pamijahan, Bogor

Fotol anjangsana.id/Fahri . TELAGA BATU, PAMIJAHAN, BOGOR
Cloud Hosting Indonesia

Suasana sejuk diantara perbukitan Gunung Salak Endah (GSE) di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Telaga Batu Cold Spring yang saat ini wisata alam itu memang jadi perhatian..

Bacaan Lainnya

Pemandangan mencolok berupa beberapa batu besar di kolam Telaga Batu menjadi salah satu ciri khas lokasi wisata yang baru dibangun sejak awal tahun 2020 ini dan menjadikannya salah satu incaran wisatawan baik wisatawan lokal Bogor maupun wisatawan luar Bogor.

Sesekali kabut turun menyelimuti perbukitan diatas Telaga Batu itu semakin menambah Exotisme dan keasrian alam yang masih terjaga. Selain itu, beberapa daya tarik yang dimiliki Telaga Batu salah satunya adalah kolam pemandian yang airnya langsung dari beberapa sumber mata air pegunungan disekitarnya.

Kolam renang alami itu memiliki kedalaman setengah hingga 2,5 meter, dilokasi itu juga menyediakan beberapa fasilitas untuk memanjakan para pengunjung diantaranya tiga gazebo yang masing-masing gazeebo itu dapat menampung sekitar 15 orang pengunjung.

telaga batu
Telaga Batu di Pamijahan Bogor

Wisata Alam Telaga batu ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata alam bersama keluarga, akses yang mudah dijangkau menjadi salah satu kelebihan tersendiri bagi Telaga Batu.

Dengan luas lahan sekitar 2500 meter itu pengunjung bisa mendirikan tenda di area camping ground yang sudah disediakam pengelola. Jangan takut bagi pengunjung yang tidak membawa perlengkapan berkemah, pengelola juga menyediakan penyewaan perlengkapan berkemah, mulai dari tenda, matras, hingga perlengkapan memasak.

(Baca juga: Ayo Berkunjung ke Desa Wisata Malasari…)

Biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 5000 sedangkan untuk Mobil sebesar Rp 10 ribu, dari parkiran pengunjung bisa berjalan kaki sekitar 100 meter dari parkiran. Pengunjung yang datang untuk menikmati panorama alam dam kolam pemandian hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 10 ribu sudah dapat menikmati fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola.

telaga batu
Telaga Batu di Pamijahan Bogor

Biaya menyewa tenda dan matras dengan ukuran 4 orang dibandrol 150 ribu per-malam, sedangkan tenda ukuran 9-10 orang dengan harga 200 ribu per-malam.

Bagi pengunjung yang akan mendirikan tenda atau sewa lahan dikenakan tarif 35 ribu per-orang di waktu weekand sedangan untuk hari-hari biasa dikenakan tarif 25 ribu per-orang.

Banyak Bebatuan

Menurut keterangan dari pengelola Telaga Batu Cold Spring, Angga Saputra mengatakan, awal pemberian nama lokasi wisata itu dikarenakan pada saat pembangunannya ditemukan banyak batu di lokasi wisata itu sehingga tempat wisata itu dinamai Telaga Batu Cold Spring.

“Pas pembuatannya banyak batu, jadi ya itu dibuatlah dengan nama Telaga Batu,” ungkap Angga Saputra kepada wartawan pada, Sabut (19/06/2021).

Angga Saputra menyampaikan, untuk di tempat wisata telaga batu ini terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung, diantaranya tiga gazeebo yang masing-masing gazeebo itu dapat menampung 15 orang.

“Biasanya yang ramai kesini sambil berkemah. Jadi, pemandiannya juga tidak jauh dari tempa berkemah,” ucap Angga.

Saat ini kata Angga Saputra, pengunjung yang datang masih hanya pengunjung dari Jabodetabek saja. “Kalau hanya berkunjung saja, pengunjung hanya membayar Rp 10 ribu saja,” ujarnya.

telaga batu
Telaga Batu Pamijahan Bogor

DIwawancarai secara terpisah, salah satu pengunjung asal Bekasi Ical mengaku, dirinya sudah empat kali berkunjung bersama komunitas keluarga ke wisata alam tersebut.

“Kita saat ini berkunjung bersama lima keluarga, kebetulan ke sini sudah empat kali yah, kenapa saya pilih kesini karena sangat nyaman dan mudah dijangkau,” kata Ical.

Hanya saja kata Ical, berharap didepan pintu masuk saat memasuki kawasan Taman Nasional Halimun Salak (TNGHS) ini perlu ditingkatkan perbaikan jalannya.

“Kalau untuk biaya menurut saya sih relatif terjangkau, standard lah, tapi fasilitas yang kita dapat disini kan memuaskan, listrik sudah ada, toilet juga ada, selebihnya oke lah,” pungkasnya. (Fahri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan